BAB I
Sejarah IKAPPMMA
A.
Dasar pembentukkan PPA/IKAPPMMA
Gagasan
dan Ide yang dikumpulkan oleh beberapa orang yang dikenal dalam sejarah
pendirian dan pembentukan PPA/ Ikappma, adalah semangat mempererat persatuan
dan Kesatuan Orang Agadide yang ada di jayapura untuk dapat membahu bersama
serta menjaga eksistensi orang agadide yang ada di jayapura. Selain itu juga
PPA /IKAPPMA didirikan untuk sebagai wadah belajar bukan pemisah/pemusuh.
Dengan
semangat yang tinggi, PPA (Pemuda Persatuan Agadide) tetap mempertahankan
organisasi dengan penunjukkan semangat dan implementasi pergerakan mahasiswa
dan pemuda melalui kegiatan - kegiatan. Kegiatan tersebut diantaranya: Seminar,
rapat, Diskusi dan Kerja Fisik Lainnya. Dengan dasar itu maka terbentuklah
PPA.PPA bertumbuh terus, melewati beberapa decade dan generasi dengan perubahan
nama seriring waktu dan Situsi, maka
Sekarang Bendera organisasi IKAPPMA berkibar. Jadi IKAPPMA adalah rumah
organisasi kita bersama, jadi kita harus kawal dan jaga dan lindungi agar
organisasi Ikappma tidak boleh di cemari dan kotori. Para pendiri sangat
optimis bahwa dengan adanya organisasi PPA/Ikappma adalah mahasiswa jadi
berani, trampil, cerdas, kreatif, maju dan membentuk karakter sebagai pemimpin.
B.
Mengenal lebih dekat dengan para toko pendiri
IKAPPMMA.
Ketika
Organisasi didirikan,pasti ada para deklarator/pendiri Organisasi yang di kenal
dengan Pemuda Persatuan Agadide. Ada beberapa orang yang kita kenal sebagai
penggagas dan pendiri PPA yaitu Bapak
Agustinus Kudiai, S.Sos, Lamek Nawipa,S.Sos, Abet Kobepa,SE dan beberapa
orang. Para pendiri tersebut, ada inisiatif yang baik untuk ganti nama
perkumpulan, menjadi Ikappma. PPA telah melakukan untuk konsolidasi Organisasi
dalam rangka penguatan dan perbaikan organisasi. Nama PPA telah ganti dengan
IKAPPMA seiring maju, bertambah, dan berkembangnya perkembangan.
C.
Potret perjalan pengurus IKAPPMMA dan
pergerakkan kegiatan.
Dengan
adanya perubahan nama PPA menjadi IKAPPMA, maka jumlah anggota semakin
bertambah, maka IKAPPMMA Nampak dan hadir di tengah masyarakat dengan media
berbagai gebrakan dan kegiatan yang cukup banyak dan baik yang bisa diterima .
Untuk mengenal pengurus ikappma dan pergerakan kegiatannya adalah sebagai berikut :
1.
Abet
kobepa, SE periode (1997-1999)
2.
Natalis
Muyapa, Amd, Periode (1999-2001)
3.
Yudup
kobepa, SH.MH periode (2001-2003)
4.
Deki
degei periode (2003-2006)
5.
Yabin gobai, S.Pd
6.
Mesak
degei, Amd. Periode (2008-2010)
7.
Yulius
Nawipa, S.Kep Periode (2011-2013)
8.
Elimelek
Kadepa periode (2014-2016)
9.
.......................
Periode (2016-2018)
D.
Pergerakkan
Kegiatan
Berbagai
kegiatan yang telah di laksanakan oleh Ikappma di bawah komando kepemimpinan
beberapa orang tersebut diatas sangat variasi dan skor nilai yang
berbeda.Kegiatan yang pernah dilaksanakan adalah Kegiatan ilmiah diantaranya
Seminar sehari menghadirkan beberapa nasumber dari luar yang berlatar belakang
pendidikan yang berbeda, Seminar antar jurusan di kalangan
mahasiswa IKAPPMA sendiri, Diskusi, Orientasi/Perkenalan,
Rapat - rapat, Latihan Kepemimpinan Dasar,
Ibadah-ibadah, serta MUBES dan lain-lain, Sedangkan Kegiatan Fisik diantaranya
Mencari penawaran pekerjaan, Ikappma bakti sosial.
Semua kegiatan tersebut diatas, merupakan bekal pembentukan karakter sebagai pemimpin serta langka perubahan diri menjadi bobot, pintar, berani, cerdas dan mengisi pengalaman di dalam benak Mahasiswa sebagai modal investasi menuju perubahan hidup di tengah-tengah masyarakat, pemerintah dan Negara.
E. IKAPPMMA ADALAH AGEN PERUBAHAN
IKAPPMA
adalah organisasi sosial untuk mengumpulkan Orang-orang Agadide untuk
menyatukan pikiran dan perasaan melalui kerja sama. Kerja sama merupakan modal
perubahan hidup berorganisasi. Jadi Ikappmma adalah rumah kita bersama yang di
himpun oleh berbagai status sosial. Setiap kegiatan Ikappm ma memang benar
diambil oleh generasi muda sebagai bentuk pelimpahan tanggung jawab untuk
berorganisasi dalam rangka proses pembelajaran dan penyempurnaan hidup.
Oleh
sebab itu Pintu Ikappmma masih terbuka, siapa saja bisa bergabung ambil bagian
untuk belajar, Karena Ikappmma adalah sebuah tempat melakukan perubahan diri. Kita
yakini tanpa keterlibatan berorganisasi, pengalaman yang nyata,di kalangan Ikappmma
masih ragu, kawatir, tidak cakap dan-lain-lain. Oleh sebab itu Moment yang ada
perlu ada motivasi bergabung diri dengan ikappmma sebab Ikappmma adalah tempat
sumber perubahan dan pengalaman pengetahuan yang bisa dapat rasakan dan
nikmati.
Setelah
kita bekali pengalaman dan pengetahuan lewat Ikappmma, maka kita dilepas di
masyarakat umum, menjadi milik orang banyak. Kita menyadari semua bahwa modal
utama saya dikenal masyarakat umum adalah Ikappmma yang bisa mengorbitkan
menjadi pemimpin dan trampil, maka kita disebut sebagai agen perubahan dan
penyalur pikiran-pikiran yang cemerlan, baik, benar, kritis dan terpercaya
ditengah masyarakat.
F. IKAPPMMA YANG CERDAS JEMPUT BOLA
Dengan
adanya kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi dan
komunikasi, maka Mahasiswa Ikappma menuntut dapat beradaptasi dengan baik dan
cepat. Karena hal itu merupakan tantangan dan permasalahan bagi kita.
Sebelum
tantangan itu datang, Anggota Ikappma wajib memenuhi kebutuhan mahasiswa untuk
melawan hambatan dan tantangan, agar kita lepas dari tantangan. Apabila
mahasiswa Ikappma tidak membaca tanda-tanda perkembangan dan jaman, maka
mahasiswa ikappma mati dan tidak berkembangan.
Tapi
sekarang adalah moment yang penting untuk mengevaluasi perjalanan hidup mahasiswa
seiring perkembangan pengetahuan dan teknologi. Mahasiswa IKappma tidak boleh
kalah dari perkembangan. Jadi sangat diharapkan ketekunan mahasiswa Ikappma
untuk menjemput bola di tangan, bukan lagi tunggu bola.Oleh sebab itu melalui
pembekalan/orientasi ini, kami harapkan mahasiswa ikappma cerdas menjemput
bola.
G. IKAPPMMA WADAH MEMBENTUK KARAKTER SEBAGAI PEMIMPIN
Sesuai
kenyataan bahwa, Seluruh mahasiswa Ikappmma tidak menerima kehadiran ikappmma
secara baik. Mahasiswa menganggap bahwa ikappmma adalah wadah biasa yang
menghabiskan waktu dan tenaga. Hal ini merupakan konsep kekeliruan dan sikap
statis.
Oleh
sebab itu Setiap orang yang ada dalam wadah Ikappmma harus optimis menerima
Ikappma sebagai organisasi kader dan organisasi membentuk karakter sebagai
pemimpin. Untuk membentuk Karakter sebagai pemimpin dimulai dari diri kita, ketika
kita menyadari sikap pergerakan diri kita menjadi pemimpin.
Keinginan
kita selalu gabung dan keterlibatan di organisasi akan membentuk watak dan
karakter pemimpin. Oleh sebab itu Ikappmma adalah milik semua untuk
belajar,siapa saja bergabung adalah sprit meletakan dan memperbaharui diri
menjadi pemimpin.
H. IKAPPMMA MEMUTUS MATA RANTAI KETIDAK MAMPUAN
MENUJU INVESTASI PERUBAHAN DIRI MENJADI ORANG YANG DIKENAL BANYAK ORANG
Melihat
banyak anak muda yang datang dari berbagai sudut kota/kabupaten di tanah papua dengan kondisi ketidak
mampuan berbahasa, lemahnya mental, ketidaksempurnaan
bahasa.Dengan kondisi tersebut ini, Ikappma adalah satu organisasi yang
menyempurnakan dan membina mental serta mampu membentuk karakter Anak Ikappma
sebagai colon pemimpin.
Jadi
Ikappmma telah mendapat record memutus mata rantai ketidakmampuan, menuju
Investasi perubahan diri menjadi orang yang dikenal banyak orang. Sprit dan
semangat Ikappmma melakukan berbagai kegiatan merupakan langka yang positif
untuk memutus mata rantai ketidakmampuan dan kebodohan.
I. REALITA IKAPPMMA LABORATORIUM PEMUDA UNTUK PEMBANGUNAN
Seluruh
mahasiswa agadide, jangan
menganggap Ikappmma sebagai organisasi yang biasa, tapi bisa melihat dari kenyataan bahwa Ikappmma
telah menerbitkan beberapa anak muda Ikappmma menjadi Pemimpin dan actor pembangunan di
belahan Tanah Papua.
Dan kita melihat dengan latar belakang pendidikan, dan organisasi
kita, sekarang tidak sama dengan duluh, sekarang lebih baju dari pada kemaring.
J. BELAJAR DARI SENIOR IKAPPMA YANG BERHASIL
Mahasiswa
Agadide wajib belajar hikma dan makna,dari beberapa senior yang telah berhasil.
Ikappma jangan pikiran kerdil tapi harus optimis bahwa saya juga bisa dan mampu
menempuh jalan dan teladan yang telah tempuh oleh senior, Maka Pasti kita juga
akan di sebut menjadi pelaku yang di senangi oleh rakyat dan pemerintah.
K. IKAPPMA ANTARA HARAPAN DAN KENYATAAN -->
--> Mengenal Mimpi
dan potret Harapan IKAPPMMA-->
--> Sudahkah Motto
Ikappmma Bobaganidou menjadi Kenyataan
Bobaganidou
adalah sebuah harapan dan kerinduan anak agadide bahwa kita harus keluar dari
kebodohan, ketidakmampuan, kemiskinan, keterbelakangan ,bebas dari berbagai
penyakit, majunya pembangunan, harus jadi pemimpin, bahkan juga kami mampu
melakukan berbagai terobosan dan menemukan gagasan-gagasan yang konstruktif.
Tapi kenyataannya. Motto itu menjadi mimpi, soalnya belum sepenuhnya matahari
sebagai terang itu menerangi anak agadide secara keseluruhan.
L. IKAPPMMA pemersatu dan pengawal Filosofi Obaikewagi Muyapa
tentang Batas Wilayah Adat Agadide (Okebouda, Debakebouda, Makatakaida, Uwapa
takaida dan Pugiyaitakaida)
Ikappma
telah gagal mengawal sebuah filosofi yang telah dikemukakan oleh obaikawagi
muyapa tentang batas wilayah adat Agadide, Okebouda, Debakebouda, Makatakaida,
Uwapatakaida, dan Pugiyaitakaida.
Generasi muda sekarang harus mengawal dan mengkritisi berbagai kebijakan
pemerintah atas nama demi pembangunan, sungguh mencederai eksistensi orang
agadide. Maka Ikappma harus mampu melihat dan mengkritisi secara baik dan benar
kepada pemerintah dan siapapun itu dia yang mengganggu batas wilayah harus
protes dan mempertahankan keberaan wilayah adat Agadide yang utuh dan
berdaulat.
M. SUARA IKAPPMMA SUARA PEMBEBASAN.
Melihat
berbagai Gejala,fenomena dan masalah yang sering kita dengar, lihat, menemukan
ditengah masyarakat tiga Distrik adalah tanggung jawab moral Mahasiswa. Kini
agadide, Bogobaida merupakan daerah yang cukup ramai, karena bukannya kota
besar tapi kayanya keunikan potensi alam. Disanalah yang terjadi berbagai
persoalan yang bisa memusnakan orang agadide demi kepentingan ekonomi dan
politik bisnis. Kondisi Ini Ikappma harus jadi senter pembebasan terhadap
masalah yang dihadapi oleh masyarakat kita.
N. IKAPPMMA MENJADI SENTER
Ikappmma harus berkomitmen menjadi senter untuk
momotret kehidupan orang agadide. Apa yang kita memotret, momotret tersebut adalah Kondisi ketidak adilan yang melanda diatas masyarakat kita,
pelangaran Ham, Kerusakan Hutan dan lain-lain. Ikappmma harus mempelopori hal-hal yang baik dan
menyatakan kami siap melawan hal yang buruk dan tidak bermanfaat.
O. KENYATAAN TINDAKAN IKAPPMMA ANTARA MATI DAN HIDUP
Mengenal Wajah IKAPPMMA masa lalu, Kini dan Masa depan.
Kita
amati dan dengar perjalanan Ikappmma
dari masa lalu, masa kini dan masa depan Ikappma. Ikappmma selalu berlayar ibarat ditengah laut yang
selalu ditepah dengan ombak dan badai. Perjalanan ikappma masa lalu juga sering
terjadi kefakuman dalam organisasi. Dengan kondisi kefakuman yang terjadi,
selalu hadir orang/tim penyelamat organisasi, dalam rangka tetap bangkit dari
keterburukan dan kematian serta pembubaran Organisasi. Taat kala juga Beberapa
masa kepengurusan Ikappmma
ada yang sebagian berhasil dengan programnya,ada yang gagal, ada yang lari diri
karena selesai kuliah dan ketidakmampuan memimpin Ikappmma. Jadi inilah praktek-praktek nyata dalam
perjalanan Ikappma. Kami sama-sama optimis bahwa IKappmma harus bangkit dan penuh perubahan status
Ikappmma menjadi HIPPMAP,
hal ini merupakan suatu amanat keputusan Mubes, namun dalam implementasinya
tidak terwujud akibat mis komunikasi dengan panitia dan Badan Pengurus. Tapi
ada semangat anak-anak muda agadide, yang ingin terus membenahi dan merubah
nama ikappmma
menjadi HIPPMAP dan HIPMMAP untuk Mendaftarkan ke kesbangpol provinsi Papua
sebagai Organisasi sosial yang resmi,dan akan terus mendaftarkan di KNPI
Provinsi Papua sebagai satu OKP,dan dapat melakukan konsolidasi HIPPMAP ke
tingkat Kabupaten Kota di Tanah Papua,agar kita dapat mendorong anak-anak agadide
bisa bergabung denga kegiatan KNPI melalui Perahui IKappma atau HIPPMAP.
P. MENGENAL PENGALAMAN EMPIRIK KADER IKAPPMMA
Hadir Ditengah Masyarakat Menjadi Pemicu Konflik
Wajah
dan sikap Mahasiswa Agadide,ketika berkecimpung di organisasi Ikappma jayapura,
sungguh bersatu dalam satu langka dan bersatu dalam satu tindakan sebagai satu
kesatuan dan persatuan. Banyak pengarahan dan pengetahuan yang selalu dapat
melalui pembekalan dan bimbingan dari senior, seminar dan orientasi tapi
kenyataan di lapangan ketika selesai pendidikan, para sarjana menjadi actor
pemicu konflik ditengah masyarakat. Bahkan juga para sarjana menjadi actor
pemecah bela kesatuan masyarakat agadide yang notabene adalah satu yaitu orang
agadide. Mengamati kondisi di masyarakat terutama tiga Distrik sudah
terkotak-kotak dan kelompok-kelompok, jadi nilai persatuan dan kesatuan di
cederai dan dihapus oleh para sarjana orang agadide.
Q. Hadir ditengah masyarakat menjadi pendiam
Kondisi
ini juga satu gambaran yang telah kami baca, ada sebagian besar para sarjana
Ikappma yang memilih berdiam diri tanpa menunjukan sikap dan perbuatan menjadi
pemicu konflik dan Penyelamat.
R. Hadir ditengah masyarakat menjadi penyelamat
Tidak
semua Mahasiswa agadide menjadi pemicu konflik dan pendiam, tapi bersyukur ada sebagian sarjana yang
selalu memberikan pikiran dan ide gagasan konstruktif, untuk memperbaiki
kehidupan masyarakat dalam berbagai aspek pembangunan.
Para
sarjana yang kritis menyikapi berbagai kebijakan, fenomena dan gejala sosial
dan pembangunan, janganlah sarjana menjadi penindas rakyat, tapi suarakan isi
hati rakyat untuk memenuhi kebutuhan, maka namamu akan di sebut dan di angkat
atas jasa baik terhadap rakyat.
S. Akhir ini, IKAPPMMA ada di persimpangan jalan
Kami
sebagai Pembina dan senior yang ada di jayapura selalu amati dan menilai ,
berbagai kegiatan selalu dilaksanakan tanpa komunikasi yang baik antar semua
kelompok sosial masyarakat agadide,belum ada pendekatan dengan senior dan
yunior, Partisipasi semua orang tua juga tidak pernah laksanakan akibat mis
komunikasi, Badan pengurus tidak memiliki konsep pengembangan organisasi, tidak
ada rasa tanggung jawab, dalam pencalonan badan pengurus mengedepankan
sukuisme, familisme, kenalan dan Distrik. Semua hal tersebut adalah pintu
kematian Organisasi Ikappma. Apabila
kita rindu Ikappmma harus bangkit dan maju, mari kita tinggalkan sikap dan
tabiat serta praktek-praktek ini, maka Moto Ikappma Bobaganidou menjadi
kenyataan di tengah kita, masyarakat dan Pemerintah.
T. PENUTUP
Kesimpulan
Sejarah
dan Pergerakan Mahasiswa IKAPPMMA yang di ulas oleh penyaji merupakan Potret
Praktek mahasiswa Ikappmma, Sehingga Penyaji menyajikan materi ini secara
praktis,tanpa didukung dengan kajian teoritis. Apa yang telah dilakukan dan apa
kerinduan dari Ikappma, itu menjadi bahan diskusi.Namun Penulis sadar dalam
materi ini ada kekurangan bahasa,kata dan data otentik,pasalnya tidak ada
dokumen yang jelas untuk presentasikan sejarah Ikappmma,tapi saya optimis
dengan adanya kajian ini, mahasiswa IKAPPMMA lebih memotivasi mengenal sejarah
singkat pendiri, badan pengurus masa-ke masa dan kegiatan yang telah
dilaksankan. bahkan juga selain itu juga mahasiswa lebih memotivasi partisipasi
dan keterlibatan dalam kegiatan IKAPPMMA, agar itu menjadi investasi Pintu
menuju perubahan hidup diri mahasiswa.
Saran
1.
Materi ini belum di rangkumkan secara baik
sesuai data
2.
Materi ini,perlunya buka ruang khusus diskusi
agar mendapat data yang palit dan sah/Lengkap.
3. Kami sarankan Melalui materi yang sangat terbatas ini,diharapkan Mahsiswa Baru lebih motivasi bergabung diorganisasi IKAPPMMA.
Oleh Penggemar: Penggemar IKAPPMMA Bapa Deki Degei, SE., MM.


0 Comments
Posting Komentar