BAB I

Sejarah IKAPPMMA

 

A.        Dasar pembentukkan PPA/IKAPPMMA

Gagasan dan Ide yang dikumpulkan oleh beberapa orang yang dikenal dalam sejarah pendirian dan pembentukan PPA/ Ikappma, adalah semangat mempererat persatuan dan Kesatuan Orang Agadide yang ada di jayapura untuk dapat membahu bersama serta menjaga eksistensi orang agadide yang ada di jayapura. Selain itu juga PPA /IKAPPMA didirikan untuk sebagai wadah belajar bukan pemisah/pemusuh.

Dengan semangat yang tinggi, PPA (Pemuda Persatuan Agadide) tetap mempertahankan organisasi dengan penunjukkan semangat dan implementasi pergerakan mahasiswa dan pemuda melalui kegiatan - kegiatan. Kegiatan tersebut diantaranya: Seminar, rapat, Diskusi dan Kerja Fisik Lainnya. Dengan dasar itu maka terbentuklah PPA.PPA bertumbuh terus, melewati beberapa decade dan generasi dengan perubahan nama seriring waktu dan Situsi,  maka Sekarang Bendera organisasi IKAPPMA berkibar. Jadi IKAPPMA adalah rumah organisasi kita bersama, jadi kita harus kawal dan jaga dan lindungi agar organisasi Ikappma tidak boleh di cemari dan kotori. Para pendiri sangat optimis bahwa dengan adanya organisasi PPA/Ikappma adalah mahasiswa jadi berani, trampil, cerdas, kreatif, maju dan membentuk karakter sebagai pemimpin.

B.      Mengenal lebih dekat dengan para toko pendiri IKAPPMMA.

Ketika Organisasi didirikan,pasti ada para deklarator/pendiri Organisasi yang di kenal dengan Pemuda Persatuan Agadide. Ada beberapa orang yang kita kenal sebagai penggagas dan pendiri PPA yaitu Bapak Agustinus Kudiai, S.Sos, Lamek Nawipa,S.Sos, Abet Kobepa,SE dan beberapa orang. Para pendiri tersebut, ada inisiatif yang baik untuk ganti nama perkumpulan, menjadi Ikappma. PPA telah melakukan untuk konsolidasi Organisasi dalam rangka penguatan dan perbaikan organisasi. Nama PPA telah ganti dengan IKAPPMA seiring maju, bertambah, dan berkembangnya perkembangan.

 


C.  Potret perjalan pengurus IKAPPMMA dan pergerakkan kegiatan.

Dengan adanya perubahan nama PPA menjadi IKAPPMA, maka jumlah anggota semakin bertambah, maka IKAPPMMA Nampak dan hadir di tengah masyarakat dengan media berbagai gebrakan dan kegiatan yang cukup banyak dan baik yang bisa diterima . Untuk mengenal pengurus ikappma dan pergerakan kegiatannya adalah sebagai berikut :

1.       Abet kobepa,  SE periode (1997-1999)

2.       Natalis Muyapa, Amd, Periode (1999-2001)

3.       Yudup kobepa, SH.MH periode (2001-2003)

4.       Deki degei periode (2003-2006)

5.        Yabin gobai, S.Pd

6.       Mesak degei, Amd. Periode (2008-2010)

7.       Yulius Nawipa, S.Kep Periode (2011-2013)

8.       Elimelek Kadepa periode (2014-2016)

9.       ....................... Periode (2016-2018)

 

D.       Pergerakkan Kegiatan

Berbagai kegiatan yang telah di laksanakan oleh Ikappma di bawah komando kepemimpinan beberapa orang tersebut diatas sangat variasi dan skor nilai yang berbeda.Kegiatan yang pernah dilaksanakan adalah Kegiatan ilmiah diantaranya Seminar sehari menghadirkan beberapa nasumber dari luar yang berlatar belakang pendidikan yang berbeda, Seminar antar jurusan di kalangan mahasiswa IKAPPMA sendiri, Diskusi, Orientasi/Perkenalan, Rapat - rapat, Latihan Kepemimpinan Dasar, Ibadah-ibadah, serta MUBES dan lain-lain, Sedangkan Kegiatan Fisik diantaranya Mencari penawaran pekerjaan, Ikappma bakti sosial.

Semua kegiatan tersebut diatas, merupakan bekal pembentukan karakter sebagai pemimpin serta langka perubahan diri menjadi bobot, pintar, berani, cerdas dan mengisi pengalaman di dalam benak Mahasiswa sebagai modal investasi menuju perubahan hidup di tengah-tengah masyarakat, pemerintah dan Negara.

E. IKAPPMMA ADALAH AGEN PERUBAHAN

IKAPPMA adalah organisasi sosial untuk mengumpulkan Orang-orang Agadide untuk menyatukan pikiran dan perasaan melalui kerja sama. Kerja sama merupakan modal perubahan hidup berorganisasi. Jadi Ikappmma adalah rumah kita bersama yang di himpun oleh berbagai status sosial. Setiap kegiatan Ikappm ma memang benar diambil oleh generasi muda sebagai bentuk pelimpahan tanggung jawab untuk berorganisasi dalam rangka proses pembelajaran dan penyempurnaan hidup.

Oleh sebab itu Pintu Ikappmma masih terbuka, siapa saja bisa bergabung ambil bagian untuk belajar, Karena Ikappmma adalah sebuah tempat melakukan perubahan diri. Kita yakini tanpa keterlibatan berorganisasi, pengalaman yang nyata,di kalangan Ikappmma masih ragu, kawatir, tidak cakap dan-lain-lain. Oleh sebab itu Moment yang ada perlu ada motivasi bergabung diri dengan ikappmma sebab Ikappmma adalah tempat sumber perubahan dan pengalaman pengetahuan yang bisa dapat rasakan dan nikmati.

Setelah kita bekali pengalaman dan pengetahuan lewat Ikappmma, maka kita dilepas di masyarakat umum, menjadi milik orang banyak. Kita menyadari semua bahwa modal utama saya dikenal masyarakat umum adalah Ikappmma yang bisa mengorbitkan menjadi pemimpin dan trampil, maka kita disebut sebagai agen perubahan dan penyalur pikiran-pikiran yang cemerlan, baik, benar, kritis dan terpercaya ditengah masyarakat.

F. IKAPPMMA YANG CERDAS JEMPUT BOLA

Dengan adanya kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, informasi dan komunikasi, maka Mahasiswa Ikappma menuntut dapat beradaptasi dengan baik dan cepat. Karena hal itu merupakan tantangan dan permasalahan bagi kita.

Sebelum tantangan itu datang, Anggota Ikappma wajib memenuhi kebutuhan mahasiswa untuk melawan hambatan dan tantangan, agar kita lepas dari tantangan. Apabila mahasiswa Ikappma tidak membaca tanda-tanda perkembangan dan jaman, maka mahasiswa ikappma mati dan tidak berkembangan.

Tapi sekarang adalah moment yang penting untuk mengevaluasi perjalanan hidup mahasiswa seiring perkembangan pengetahuan dan teknologi. Mahasiswa IKappma tidak boleh kalah dari perkembangan. Jadi sangat diharapkan ketekunan mahasiswa Ikappma untuk menjemput bola di tangan, bukan lagi tunggu bola.Oleh sebab itu melalui pembekalan/orientasi ini, kami harapkan mahasiswa ikappma cerdas menjemput bola.

G. IKAPPMMA WADAH MEMBENTUK KARAKTER SEBAGAI PEMIMPIN

Sesuai kenyataan bahwa, Seluruh mahasiswa Ikappmma tidak menerima kehadiran ikappmma secara baik. Mahasiswa menganggap bahwa ikappmma adalah wadah biasa yang menghabiskan waktu dan tenaga. Hal ini merupakan konsep kekeliruan dan sikap statis.

Oleh sebab itu Setiap orang yang ada dalam wadah Ikappmma harus optimis menerima Ikappma sebagai organisasi kader dan organisasi membentuk karakter sebagai pemimpin. Untuk membentuk Karakter sebagai pemimpin dimulai dari diri kita, ketika kita menyadari sikap pergerakan diri kita menjadi pemimpin.

Keinginan kita selalu gabung dan keterlibatan di organisasi akan membentuk watak dan karakter pemimpin. Oleh sebab itu Ikappmma adalah milik semua untuk belajar,siapa saja bergabung adalah sprit meletakan dan memperbaharui diri menjadi pemimpin.

H. IKAPPMMA MEMUTUS MATA RANTAI KETIDAK MAMPUAN MENUJU INVESTASI PERUBAHAN DIRI MENJADI ORANG YANG DIKENAL BANYAK ORANG

Melihat banyak anak muda yang datang dari berbagai sudut kota/kabupaten di tanah papua dengan kondisi ketidak mampuan berbahasa, lemahnya mental, ketidaksempurnaan bahasa.Dengan kondisi tersebut ini, Ikappma adalah satu organisasi yang menyempurnakan dan membina mental serta mampu membentuk karakter Anak Ikappma sebagai colon pemimpin.

Jadi Ikappmma telah mendapat record memutus mata rantai ketidakmampuan, menuju Investasi perubahan diri menjadi orang yang dikenal banyak orang. Sprit dan semangat Ikappmma melakukan berbagai kegiatan merupakan langka yang positif untuk memutus mata rantai ketidakmampuan dan kebodohan.

I. REALITA IKAPPMMA LABORATORIUM PEMUDA UNTUK PEMBANGUNAN

Seluruh mahasiswa agadide, jangan menganggap Ikappmma sebagai organisasi yang biasa, tapi bisa melihat dari kenyataan bahwa Ikappmma telah menerbitkan beberapa anak muda Ikappmma menjadi Pemimpin dan actor pembangunan di belahan Tanah Papua.

Dan kita melihat dengan  latar belakang pendidikan, dan organisasi kita, sekarang tidak sama dengan duluh, sekarang lebih baju dari pada kemaring.

J. BELAJAR DARI SENIOR IKAPPMA YANG BERHASIL

      Mahasiswa Agadide wajib belajar hikma dan makna,dari beberapa senior yang telah berhasil. Ikappma jangan pikiran kerdil tapi harus optimis bahwa saya juga bisa dan mampu menempuh jalan dan teladan yang telah tempuh oleh senior, Maka Pasti kita juga akan di sebut menjadi pelaku yang di senangi oleh rakyat dan pemerintah.

K. IKAPPMA ANTARA HARAPAN DAN KENYATAAN -->


--> Mengenal Mimpi dan potret Harapan IKAPPMMA-->

 

--> Sudahkah Motto Ikappmma Bobaganidou menjadi Kenyataan

Bobaganidou adalah sebuah harapan dan kerinduan anak agadide bahwa kita harus keluar dari kebodohan, ketidakmampuan, kemiskinan, keterbelakangan ,bebas dari berbagai penyakit, majunya pembangunan, harus jadi pemimpin, bahkan juga kami mampu melakukan berbagai terobosan dan menemukan gagasan-gagasan yang konstruktif. Tapi kenyataannya. Motto itu menjadi mimpi, soalnya belum sepenuhnya matahari sebagai terang itu menerangi anak agadide secara keseluruhan.

L. IKAPPMMA pemersatu dan pengawal Filosofi Obaikewagi Muyapa tentang Batas Wilayah Adat Agadide (Okebouda, Debakebouda, Makatakaida, Uwapa takaida dan Pugiyaitakaida)

Ikappma telah gagal mengawal sebuah filosofi yang telah dikemukakan oleh obaikawagi muyapa tentang batas wilayah adat Agadide, Okebouda, Debakebouda, Makatakaida, Uwapatakaida, dan Pugiyaitakaida.  Generasi muda sekarang harus mengawal dan mengkritisi berbagai kebijakan pemerintah atas nama demi pembangunan, sungguh mencederai eksistensi orang agadide. Maka Ikappma harus mampu melihat dan mengkritisi secara baik dan benar kepada pemerintah dan siapapun itu dia yang mengganggu batas wilayah harus protes dan mempertahankan keberaan wilayah adat Agadide yang utuh dan berdaulat.

 

M. SUARA IKAPPMMA SUARA PEMBEBASAN.

Melihat berbagai Gejala,fenomena dan masalah yang sering kita dengar, lihat, menemukan ditengah masyarakat tiga Distrik adalah tanggung jawab moral Mahasiswa. Kini agadide, Bogobaida merupakan daerah yang cukup ramai, karena bukannya kota besar tapi kayanya keunikan potensi alam. Disanalah yang terjadi berbagai persoalan yang bisa memusnakan orang agadide demi kepentingan ekonomi dan politik bisnis. Kondisi Ini Ikappma harus jadi senter pembebasan terhadap masalah yang dihadapi oleh masyarakat kita.

 

N. IKAPPMMA MENJADI SENTER

Ikappmma harus berkomitmen menjadi senter untuk momotret kehidupan orang agadide. Apa yang kita memotret, momotret tersebut adalah Kondisi ketidak adilan yang melanda diatas masyarakat kita, pelangaran Ham, Kerusakan Hutan dan lain-lain. Ikappmma harus mempelopori hal-hal yang baik dan menyatakan kami siap melawan hal yang buruk dan tidak bermanfaat.

O. KENYATAAN TINDAKAN IKAPPMMA ANTARA MATI DAN HIDUP

Mengenal Wajah IKAPPMMA masa lalu, Kini dan Masa depan.

Kita amati dan dengar perjalanan Ikappmma dari masa lalu, masa kini dan masa depan Ikappma. Ikappmma selalu berlayar ibarat ditengah laut yang selalu ditepah dengan ombak dan badai. Perjalanan ikappma masa lalu juga sering terjadi kefakuman dalam organisasi. Dengan kondisi kefakuman yang terjadi, selalu hadir orang/tim penyelamat organisasi, dalam rangka tetap bangkit dari keterburukan dan kematian serta pembubaran Organisasi. Taat kala juga Beberapa masa kepengurusan Ikappmma ada yang sebagian berhasil dengan programnya,ada yang gagal, ada yang lari diri karena selesai kuliah dan ketidakmampuan memimpin Ikappmma. Jadi inilah praktek-praktek nyata dalam perjalanan Ikappma. Kami sama-sama optimis bahwa IKappmma harus bangkit dan penuh perubahan status Ikappmma menjadi HIPPMAP, hal ini merupakan suatu amanat keputusan Mubes, namun dalam implementasinya tidak terwujud akibat mis komunikasi dengan panitia dan Badan Pengurus. Tapi ada semangat anak-anak muda agadide, yang ingin terus membenahi dan merubah nama ikappmma menjadi HIPPMAP dan HIPMMAP untuk Mendaftarkan ke kesbangpol provinsi Papua sebagai Organisasi sosial yang resmi,dan akan terus mendaftarkan di KNPI Provinsi Papua sebagai satu OKP,dan dapat melakukan konsolidasi HIPPMAP ke tingkat Kabupaten Kota di Tanah Papua,agar kita dapat mendorong anak-anak agadide bisa bergabung denga kegiatan KNPI melalui Perahui IKappma atau HIPPMAP.

P. MENGENAL PENGALAMAN EMPIRIK KADER IKAPPMMA

Hadir Ditengah Masyarakat Menjadi Pemicu Konflik

Wajah dan sikap Mahasiswa Agadide,ketika berkecimpung di organisasi Ikappma jayapura, sungguh bersatu dalam satu langka dan bersatu dalam satu tindakan sebagai satu kesatuan dan persatuan. Banyak pengarahan dan pengetahuan yang selalu dapat melalui pembekalan dan bimbingan dari senior, seminar dan orientasi tapi kenyataan di lapangan ketika selesai pendidikan, para sarjana menjadi actor pemicu konflik ditengah masyarakat. Bahkan juga para sarjana menjadi actor pemecah bela kesatuan masyarakat agadide yang notabene adalah satu yaitu orang agadide. Mengamati kondisi di masyarakat terutama tiga Distrik sudah terkotak-kotak dan kelompok-kelompok, jadi nilai persatuan dan kesatuan di cederai dan dihapus oleh para sarjana orang agadide.

Q. Hadir ditengah masyarakat menjadi pendiam

Kondisi ini juga satu gambaran yang telah kami baca, ada sebagian besar para sarjana Ikappma yang memilih berdiam diri tanpa menunjukan sikap dan perbuatan menjadi pemicu konflik dan Penyelamat.

R. Hadir ditengah masyarakat menjadi penyelamat

Tidak semua Mahasiswa agadide menjadi pemicu konflik dan pendiam,  tapi bersyukur ada sebagian sarjana yang selalu memberikan pikiran dan ide gagasan konstruktif, untuk memperbaiki kehidupan masyarakat dalam berbagai aspek pembangunan.

Para sarjana yang kritis menyikapi berbagai kebijakan, fenomena dan gejala sosial dan pembangunan, janganlah sarjana menjadi penindas rakyat, tapi suarakan isi hati rakyat untuk memenuhi kebutuhan, maka namamu akan di sebut dan di angkat atas jasa baik terhadap rakyat.

S. Akhir ini, IKAPPMMA ada di persimpangan jalan

Kami sebagai Pembina dan senior yang ada di jayapura selalu amati dan menilai , berbagai kegiatan selalu dilaksanakan tanpa komunikasi yang baik antar semua kelompok sosial masyarakat agadide,belum ada pendekatan dengan senior dan yunior, Partisipasi semua orang tua juga tidak pernah laksanakan akibat mis komunikasi, Badan pengurus tidak memiliki konsep pengembangan organisasi, tidak ada rasa tanggung jawab, dalam pencalonan badan pengurus mengedepankan sukuisme, familisme, kenalan dan Distrik. Semua hal tersebut adalah pintu kematian Organisasi Ikappma.  Apabila kita rindu Ikappmma harus bangkit dan maju, mari kita tinggalkan sikap dan tabiat serta praktek-praktek ini, maka Moto Ikappma Bobaganidou menjadi kenyataan di tengah kita, masyarakat dan Pemerintah.

 

T. PENUTUP

Kesimpulan

Sejarah dan Pergerakan Mahasiswa IKAPPMMA yang di ulas oleh penyaji merupakan Potret Praktek mahasiswa Ikappmma, Sehingga Penyaji menyajikan materi ini secara praktis,tanpa didukung dengan kajian teoritis. Apa yang telah dilakukan dan apa kerinduan dari Ikappma, itu menjadi bahan diskusi.Namun Penulis sadar dalam materi ini ada kekurangan bahasa,kata dan data otentik,pasalnya tidak ada dokumen yang jelas untuk presentasikan sejarah Ikappmma,tapi saya optimis dengan adanya kajian ini, mahasiswa IKAPPMMA lebih memotivasi mengenal sejarah singkat pendiri, badan pengurus masa-ke masa dan kegiatan yang telah dilaksankan. bahkan juga selain itu juga mahasiswa lebih memotivasi partisipasi dan keterlibatan dalam kegiatan IKAPPMMA, agar itu menjadi investasi Pintu menuju perubahan hidup diri mahasiswa.

Saran

1.              Materi ini belum di rangkumkan secara baik sesuai data

2.              Materi ini,perlunya buka ruang khusus diskusi agar mendapat data yang palit dan sah/Lengkap.

3.              Kami sarankan Melalui materi yang sangat terbatas ini,diharapkan Mahsiswa Baru lebih motivasi bergabung diorganisasi IKAPPMMA.


Oleh Penggemar: Penggemar IKAPPMMA Bapa Deki Degei, SE., MM.